Sabtu, 10 September 2011

MOLEKUL ORGANIK

MOLEKUL ORGANIK
1. Asam Nukleat
Asam nukleat merupakan molekul raksasa yang memiliki fungsi khusus yaitu, menyimpan informasi genetik dan menerunkannya kepada keturunanya. Susunan asam nukleat yang menentukan apakah mahluk itu menjadi hewan , tumbuhan, maupun manusia. Begitu pula susunan dalam sel, apakah sel itu menjadi sel otot maupun sel darah.
2. Protein

Protein terdapat pada semua sel hidup, mengandung unsur carbon, hydrogen, oksygen, nitrogen. Hewan membuat protein dari apa yang mereka makan sedangkan tumbuhan membuat protein dari air dan garam-garam mineral.
Protein dibedakan menjadi dua yaitu protein hewani maupun protein nabati. Protein hewani meru[pakan protein yang berasal dari hewan misalnya daging, susu, ikan dan telur. Sedangkan protein nabati berasal dari tumbuhan misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu.

3. Lemak
Lemak merupakan persenyawaan antara asam lemak dan gliserol. Lemak memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah sebagai sumber energi terbesar, pelarut vitamin (A,D,E,K) sumber asam lemak esensial, pelindung organ tubuh, penyebab lamanya pengosongan lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.
Ada dua jenis makan sumber lemak yaitu lemak nabati (asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh) dan lemak hewani (asam lemak jenuh). Makan berlamak yang paling pentig adalah susu, minyak sayur, telur, keju dan daging.
Sebagian lemak yang kita makan segera kita gunakan sisanya diguanakan sebagai cadangan makanan dalam bentuk loemak tubuh, apabila terlalu banyak mengkonsumsi lemak maka akan menyebabkan obesitas.

4 . Karbohidrat
Karbohidrat atau hidrat arang adalah senyawa yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen. Rumus umumnya Cn(H2O)n. karbohirat terbagi atas tiga kelompok berdasarkan panjang rantai karbonnya.
a. Monosakarida
Monosakarida adalah senyawa yang tidak dapat dihidrolisis menjadi lebih sederhana lagi. Contohnya adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

b. Oligosakarida
Oligosakarida yang sangat penting dalam tuubuh adalah disakarida. Jika dihidrolisis maka akan menghasilkan dua monosakarida. Contoh disakarida antara lain: sukrosa, laktosa, dan maltosa. Jika dihidrolisis maka sukrosa akan menghasilkan glukosa dan fruktosa, laktosa akan mengahasilkan glukosa dan galaktosa, dan maltosa akan mengahsilkan dua molekul glukosa.

c. Polisakarida
Polisakarida adalah karbohidrat kompleks menghasilkan lebih dari enam monosakarida jika dihidrolisis. Contoh polisakarida adalah amilum, selulosa, dan glikogen.
Makanan sumber karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk melakukan kegiatan atau aktivitas. Contoh makanan sumber energi adalah beras, gandum, jagung, singkong, ubi, kentang, tepung dan sagu.


0 komentar:

Poskan Komentar